Sunday 22 June 2014

Teks prosedur kompleks

Selamat datang di media pembelajaran berbasis exe learning, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang "teks prosedur kompleks" untuk memperoleh file tersebut dilahkan klik UNDUH dan untuk menjalankanya, extract terlebih dahulu file yang berformar rar tersebut. setelah itu, klik file icon "indeks" tunggu beberap saat dan akan muncul pada browser anda materi teks prosedur kompleks.


Ringkasan materi:


A. Pengertian Teks Prosedur Kompleks  

     Teks prosedur kompleks adalah teks yang menyajikan tata cara dan langkah-langkah tentang membuat, menggunakan, atau melakukan sesuatu. Teks prosedur ini dikatakan kompleks karena teks ini mengandung penjelasan di setiap langkah-langkahnya. Prosedur yang hanya terdiri dari dua hingga tiga langkah disebut teks prosedur sederhana. 

B. Jenis Kalimat dalam Teks Prosedur Kompleks

Menurut fungsinya, kalimat dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu :
  1. Kalimat imperatif berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu
  2. Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan. Kalimat seperti itu berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu
  3.  Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. Kalimat interogatif berfungsi untuk menerima informasi tentang sesuatu. Kalimat interogatif dapat dibagi menjadi kalimat interogatif yang menuntut jawaban ya atau tidak dan kalimat interogatif yang menuntut jawaban yang berupa informasi. 
C.    Struktur Teks Prosedur Kompleks
  1. Teks prosedur kompleks ditata dengan struktur:
a.       Tujuan
b.      Langkah-langkah

  1. Tujuan di sini adalah hasil akhir yang akan dicapai. Adapun langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai. Langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.
  2. Teks prosedur ini dikatakan kompleks karena teks ini mengandung penjelasan di setiap langkah-langkahnya.
  3. Syarat-syarat dan pilihan-pilihan pada teks prosedur diungkapkan dengan konjungsi yang sama, yaitu jika, apabila, atau seandainya.
D. Ciri Kebahasaan dalam teks Prosedur Kompleks

Ciri-ciri yang paling menonjol adalah penggunaan yaitu:
  1. Partisipan manusia secara umum, seperti pengendara dan Anda pada kalimat Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan.
  2. Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan fisik.Verba tingkah laku adalah verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tidak tampak).
  3. Konjungsi temporal adalah konjungsi yang mengacu pada urutan waktu dan sekaligus menjadi sarana kohesi teks.




1 comment:

  1. merkur jokerclub merkur jokerclub merkur jokerclub merkur jokerclub merkur
    merkur jokerclub 카지노사이트 merkur jokerclub merkur jokerclub merkur 제왕 카지노 jokerclub merkur jokerclub merkur jokerclub merkur jokerclub merkur jokerclub merkur jokerclub merkur jokerclub 메리트카지노 merkur

    ReplyDelete